Pendampingan CGP

 


Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak

menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru

Penggerak mampu: 

1. mengembangkan  diri sendiri dan juga guru  lain  dengan cara melakukan refleksi, 

berbagi,  dan kolaborasi; 

2. memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai

kode etik; 

3. merencanakan,  menjalankan,  merefleksikan,  dan  mengevaluasi pembelajaran

yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua; 

1 Refleksi awal kompetensi guru

penggerak 

 

a. Diskusi tantangan belajar daring 

b. Refleksi penerapan perubahan kelas

sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara 

c. Diskusi pembuatan kerangka portofolio 

d. Diskusi peta posisi diri dan rencana

pengembangan diri dalam kompetensi

guru penggerak 

2 Perubahan paradigma pemimpin

pembelajaran 

 

a. Diskusi refleksi diri tentang lingkungan

belajar di sekolah  

b. Diskusi refleksi perubahan diri setelah

mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3 

c. Diskusi rencana merintis komunitas

praktisi di sekolah, berdasarkan hasil

pemetaan di lokakarya 1 

d. Mengkomunikasikan visi dan prakasra

perubahan ke KS dan warga sekolah

dengan dimoderasi oleh PP 

 3 Implementasi Pembelajaran yang

Berpihak pada Murid 

a. Refleksi hasil survei (umpan balik 360

derajat) dan penilaian sendiri tentang

kompetensi guru penggerak 

b. Diskusi rencana menerapkan

pembelajaran sosial-emosional 

c. Diskusi hasil lokakarya 2

(keterlaksanaan dari tahapan BAGJA) 

 Bagian akhir pendampingan (10 menit) 

a) Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: 

1) Apa pembelajaran atau ide baru yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah sesi

pendampingan ini? 

2) Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping/ pengajar

praktik di pendampingan berikutnya? 

b) Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang

sudah dilakukan dari pembelajaran daring. 

c) Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator,

maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi dalam LMS. 

 

4. Pelaporan 

a) Mengisi Jurnal Pendampingan, mengisi daftar hadir, dan rencana

pendampingan selanjutnya (dalam LMS) 

Comments

Popular posts from this blog

Aksi Nyata 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

PRAKARSA KANVAS BAGJA

Visi Guru Penggerak