PEMBEKALAN CALON
PENGAJAR PRAKTIK
PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK
MODUL. : 2.2
ALUR BELAJAR |
AKTIVITAS CGP |
TAGIHAN CGP |
Mulai
dari Diri (Awaludin) |
-
Merefleksikan
pengalaman diri dalam menghadapi sebuah krisis pribadi dan pengaruh krisis
tersebut bagi dirinya sebagai pendidik. -
Merefleksikan
pengalaman seorang murid yang memiliki pemahaman diri, ketangguhan, dan
kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang lain dan pengaruhnya
terhadap pembelajarannya.
|
Tidak
ada karya/produk oleh CGP, CGP hanya diminta mengisi sejumlah questioner di
LMS |
Eksplorasi
Konsep (Awaludin |
-
Mengeksplorasi pentingnya Pembelajaran Sosial dan
Emosional untukmenciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar
seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan
kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.
-
Mengeksplorasi konsep Pembelajaran Sosial dan
Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic,
Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima)
Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri,
kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab.
-
Mengeksplorasi pemahaman tentang konsep kesadaran
penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 Kompetensi Sosial dan Emosional
(KSE).
-
Mengeksplorasi implementasi pembelajaran sosial
emosional di kelas dan sekolah melalui 4 indikator, yaitu: pengajaran
eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik,
penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan kompetensi sosial
dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah.
-
Forum Diskusi: Menganalisis konsep 5 KSE
(kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan relasi, dan
pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) yang berbasis kesadaran penuh
dalam 5 contoh kasus.
|
-
CGP menuliskan
tanggapan pada video di LMS dan mengisi sejumlah questioner
|
Ruang
Kolaborasi (Yuli) |
Diskusi
Daring Sinkronus Menyusun
5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang
pendidikan yang di ampu CGP. Menyusun 2 (dua) ide penguatan pembelajaran
5 KSE.
|
CGP
mengunggah Tabel 3.1. Ide Implementasi
Pembelajaran 5 KSE untuk murid dan Tabel 3.2 Ide Implementasi Pembelajaran
5 KSE untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan di LMS |
Demonstrasi
Kontekstua (Yuli) |
-
Penugasan Mandiri
Membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi murid di Kelas Memilih 1 RPP (Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran) atau RPL (Rancangan Pelaksanaan Layanan)
yang sudah ada dan implementasikan 2 KSE yang sudah dipilih dalam RPP/RPL tersebut.
|
CGP
Membuat produk RPP dan
mengupload ke dalam LMS
|
Elaborasi
Pemahaman (P. Subaidir) |
-
Setelah memahami
konsep kunci dan implementasi pembelajaran sosial emosional berbasis
kesadaran penuh melalui pembelajaran mandiri dan gotong royong, CGP akan
mengelaborasikan pemahaman tersebut lebih lanjut melalui tanya-jawab dan
diskusi.
Kutipan
untuk hari ini “Kita akan lebih mudah memahami dan menghadapi masalah yang
timbul, jika saja kita mau mengakui bahwa kita juga punya kelemahan dan
ketakutan yang sama.” (Rusdy Rukmarata, Budayawan)
-
CGP Menjawab
pertanyaan pemantik :
1.
Apakah pencerahan yang sudah saya dapatkan khususnya yang berkaitan dengan
implementasi pembelajaran yang berpihak pada murid? Apakah hal yang masih menantang?
2.
Bagaimana saya dapat membuat dampak positif yang lebih konsisten?
Selain
itu CGP juga merespon pertanyaan CGP lainnya
-
Setelah itu ada
pembelajaran dari Fasilitator melalui Gmeet
|
CGP membuat pertanyaan-pertanyaan, dan
merespon pertanyaan CGP lainnya dan mengikuti pemahaman melalui Gmeet |
Koneksi
Antar Materi (Marjani) |
CGP
mengambil makna dari pengalaman yang berkaitan dengan pembelajaran 5 (lima)
kompetensi sosial dan emosional:
1.
membuat kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai
pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid setelah mempelajari
pembelajaran sosial dan emosional.
2.
membuat koneksi materi pembelajaran sosial dan emosional dengan modul-modul
sebelumnya.
|
Mengupload koneksi antar materi dalam blog
yang disediakan LMS dalam bentuk dokumen, artikel atau video/link video
|
Aksi
Nyata (Ririh) |
1.
Merefleksi
pengalaman dengan menggunakan kerangka 4P (Peristiwa, Perasaan , Pembelajaran
, Penerapan)
Pertanyaan Panduan untuk Refleksi : a.
Apa yang dilihat
dalam proses pembelajaran tersebut? (Peristiwa) b.
Apa yang dirasakan
sehubungan dengan proses yang anda alami? (Perasaan) c.
Apa yang
bermanfaat dari proses tersebut? d.
Apa umpan balik
yang didapat? e.
Apa yang ingin
diperbaiki atau ditingkatkan agar berdampak luas.?
2.
Membuat RPP yang
berdiferensiasi serta memuat KSE |
|
MODUL : (3.2]
CAPAIAN PEMBELAJARAN MODUL YANG DIHARAPKAN 3.2
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu
Calon Guru Penggerak untuk mampu:
a.
menganalisis aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien.
b. merancang
pemetaan potensi yang dimiliki sekolahnya menggunakan pendekatan Pengembangan
Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development).
|
ALUR BELAJAR |
AKTIVITAS CGP |
TAGIHAN CGP |
Mulai
dari Diri (Awaludin) |
-
CGP diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan
di LMS yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
sekolah.
|
Tidak
ada tagihan produk/karya, CGP hanya diminta menjawab beberapa questioner di
LMS dalam bentuk uraian |
Eksplorasi
Konsep (Awaludin |
-
Melakukan
eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai
ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset,
Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset
dalam sebuah komunitas.
-
Berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi Asinkronus dengan topik study
kasus berkaitan dengan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran
|
Tidak
ada tagihan produk/karya, CGP hanya diminta menjawab questioner di LMS
Pada
sesi diskusi CGP menuliskan tanggapannya terkait kasus yang didiskusikan di
LMS |
Ruang
Kolaborasi (Yuli) |
1.CGP
dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya
danstrategi pemanfaatannya secara efektif
2. CGP
bekerja sama dengan peserta lainnya. Forum
Diskusi 1 (3 JP) membuat identifikasi
aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana
pemanfataannya.
Forum
Diskusi 2 (3 JP) kelompok akan
mempresentasikan hasil identifikasi aset/modal, kelompok memberikan umpan
balik terhadap presentasi kelompok lain.
-
Umpan balik yang diberikan berdasarkan beberapa pertanyaan ini: hal paling
menarik yang ditemukan, hal yang paling ingin diketahui lebih lanjut lagi,
dan hal yang mungkin sangat tidak berhubungan dengan aset sumber yang sedang
kita diskusikan.
|
Hasil
pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi
bisa dalam bentuk poster, tabel, mind map
|
Demonstrasi
Kontekstual (Yuli) |
1.CGP
dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video
praktik baik yang ada.
2.CGP
dapat mengidentifikasi
kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A
- G - J - A dari tayangan video yang ada. 3.CGP
dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
4. CGP
dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video
praktik baik ini.
|
Hasil
analisis menonton video praktik baik berupa narasi (Dokumen, artikel, blog) |
Elaborasi
Pemahaman (P. Subaidir) |
CGP
mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui
proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan
instruktur.
|
Memuat pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang
akan mengelaborasi pemahaman CGP
|
Koneksi
Antar Materi (Marjani) |
Aktivitas
dalam LMS
Aktivitas
di modul: CGP
membuat kesimpulan yang diunggah ke dalm sosial media dalm bentuk yang
diinginkan, seperti video, artikel,infografis, powerpoint, atau lagu. |
LMS: Upload
hasil sintesis pemahaman di LMS dalam bentuk tulisan reflektif tentang
program yang berdampak pada murid dengan bentuk pdf.
Modul: Mengunggah
hasil kesimpulan/pemikiran dalam bentuk apa pun yang sudah dipilih melalui
LMS |
Aksi
Nyata (Ririh) |
-
CGP
Mengidentifikasikan Aset sekolah yang memuat 6 ragam unsur Aktor ( KS, Rekan guru,, Murid, Ortu,Tokoh
setempat dan perwakilan gender) terdiri dari
:
|
|
Catatan..
* Pilih
salah satu sesuai penugasan
Comments
Post a Comment