PRAKARSA KANVAS BAGJA

 




BAGJA Adalah cara yang digunakan agar kita dapat selalu mencari celah perbaikansehingga bisa mencapai transformasi yang diharapkan. 

Dalam konteks perubahan di sekolah, BAGJA dapat diartikan sebagai semangat mengapresiasi- dan proses bertahap dalam menyelidiki- segala kekuatan, aset, dan hal positif di sekolah yang memungkinkan terjadinya upaya gotong-royong demi mewujudkan prakarsa perubahan yang diperlukan untuk mencapai visi yang berpusat pada peningkatan kualitas pembelajaran murid. 

BAGJA

B buat pertanyaan

● Menggali cita-cita dan harapan ● Apa yang bisa kita lakukan● Membuat pertanyaan utama murid-murid untuk membuat kelas dan yang akan menentukan arah penyelidikan kekuatan/potensi/ sekolah kita menjadi lebih ● Melibatkan murid untuk nyaman dan menyenangkan?peluang; mendefinisikan menginventaris kekuatan, tujuan; pertanyaan dibuat untuk memprovokasi/ potensi yang dimilikiatau● Bagaimana mewujudkan menginisiasi perubahan kelas/sekolah yang nyaman dan (prakarsa)menyenangkan?● Melakukan tindakan untuk menggalang atau membangun koalisi tim perubahan. 

A ambil pelajaran

DAFTAR ● Meminta murid untuk ● Apa pengalaman menyenangkan ● Menyusun pertanyaan lanjutan yang pernah dialami murid?berkeliling dan menuliskan untuk menemukenali ● Aktivitas apa saja yang menurut kekuatan/potensi/peluang bagian mana dari sekolah yang anak-anak membuat mereka disukailewat penyelidikan; 

G gali mimpi

● Seperti apa kelas/sekolah yang ● Menanyakan pendapat setiap ● Menyusun deskripsi kolektif anggota kelas tentang menyenangkan buat kita?bilamana inisiatif terwujud● membayangkan dan pendapat dan perasaan merekamenggambarkan masa depan● Bagaimana perasaan saya ● gambaran masa depan apabila kelas/sekolah itu ● Membuat visualisasi rancangan dimunculkan dari contohbersama muridnyaman dan menyenangkan?contoh yang membumi dari masa lalu yang positif● Apa yang penting dilakukan ● Mengalokasikan kesempatan agar tetap nyaman, terawat untuk berproses bersama, dan menarik minat?multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).

J jabarkan rencana

● Membuat capaian yang realistis ● Apa langkah-langkah untuk ● Mengidentifikasi tindakan menyiapkan kelas/sekolah yang untuk setiap murid.konkret yang diperlukan untuk nyaman dan menyenangkan?menjalankan langkah-langkah ● Membuat daftar pekerjaan kecil sederhana yang dapat untuk mewujudkan kelas/ ● Bagaimana pengaturan isi kelas dilakukan segera, dan langkah berani/terobosan yang akan sekolah yang nyaman dan agar tetap nyaman dan menyenangkan.menyenangkan?memudahkan keseluruhan pencapaian; upaya ● Apa hal pertama yang dapat menciptakan organisasi yang dilakukan untuk mewujudkan ideal demi mencapai mimpi; kelas/sekolah yang nyaman dan kunci untuk mempertahankan menyenangkan?perubahan positif, atau menindaklanjuti masa lalu organisasi yang paling positif dan potensial● Menyusun definisi kesuksesan 44pencapaian bertahap

A atur eksekusi

● Menyusun tim kerja dan ● Siapa saja yang akan dilibatkan ● Menentukan siapa yang berperan/dilibatkan dalam deskripsi tugas setiap anggota, dalam mewujudkan rencana siapa saja yang bisa melakukan ini?pengambilan keputusan; awal dari penciptaan "budaya apa.● Menentukan jadwal dan ● Apa saja peran masing-masing belajar apresiatif" yang tenggat untuk penyelesaian murid?berkelanjutan; setiap orang (unsur) terlibat menyelaraskan tugas.● Siapa yang bertanggung jawab interaksinya agar dapat memonitor agar kelas dapat bersama-sama menciptakan tetap nyaman dan (co-create) masa depanmenyenangkan?● Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas ● Berapa lama dan kapan kita (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)akan mulai mewujudkannya. 


Comments

Popular posts from this blog

Aksi Nyata 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Visi Guru Penggerak