bedah lokakarya CGP
PADA LOKKARYA 1
Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan definisi dan manfaat komunitas praktisi
Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi komunitas praktisi
Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat dan area kontrol di komunitas praktisi yang sudah ada
AGENDA
1. Kepemimpinan dalam diri (Aktivitas untuk menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di
konteks sekolah)
2. Melakukan diskusi komunitas praktisi
3. Komunitas praktisi sekelilingku (mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi)
4. Peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi
5. Menggerakkan komunitas praktisi
JADWAL & RANGKUMAN SESI
NO JUDUL SESI AKTIVITAS METODE DURASI JUMLAH JP
PERLENGKAPAN, MEDIA,
DAN APLIKASI
1 PEMBUKAAN
Pembukaan & Icebreaking Pleno 15’
2/3 JP
● Laptop
● Proyektor
● Layar
● Papan plano
● Kertas plano
● Spidol marker
● Pointer
● Poster pos tahapan
● Lakban kertas
Perkenalan Pengajar Praktik Pleno 5’
Penjelasan Tujuan & Pembuatan
Kesepakatan Belajar
Pleno 10’
2
KEPEMIMPINAN
DALAM DIRI
Persiapan kegiatan Pleno 10
1 2/3 JP
Aktivitas: Mencari Benda Pleno 20
Pembahasan aktivitas Pleno 15
Sesi pembukaan menjadi kunci keterlibatan peserta di pelatihan. Mulai pelatihan
dengan sapaan hangat dan bersemangat. Ingat bahwa Anda menjadi role-model akan
semangat peserta. Berikan ucapan:
Selamat pagi, Bapak/Ibu! Apa kabarnya?
Senang rasanya bisa melihat wajah Bapak/Ibu kembali di Lokakarya Pertama!
PERKENALAN PENGAJAR PRAKTIK (5’)
PENJELASAN TUJUAN & PEMBUATAN KESEPAKATAN BELAJAR (10’)
● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di
konteks sekolah
● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peran, nilai, serta kompetensi guru penggerak
berdasarkan pemahamannya sendiri
DISKUSI NILAI, PERAN DAN KOMPETENSI GURU PENGGERAK (10’)
DISKUSI KOMUNITAS PRAKTISI: BERBAGI TANTANGAN 1 BULAN PERTAMA (45’)
MENGIDENTIFIKASI KOMUNITAS PRAKTISI YANG SUDAH ADA (25’)
MENGANALISA PEMETAAN KOMUNITAS PRAKTISI (20’)
Pastikan pengajar praktik hanya memperjelas dan tidak mengambil waktu terlalu
banyak untuk menjelaskan materi di kelompok. Biarkan peserta yang menjelaskan, jika
ada materi yang salah dan kurang, silakan pemandu membantu untuk membenarkan
materi tersebut.
REFLEKSI HASIL BELAJAR (15’)
Pelaksanaan:
Pimpin refleksi hasil belajar dan membahas hal yang telah dipelajari dan hal yang ingin
ditingkatkan dari diri.
PENUTUPAN DAN FOTO BERSAMA (5’)
Comments
Post a Comment