bedah lokakarya CGP

 



PADA LOKKARYA 1

Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan definisi dan manfaat komunitas praktisi

Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi komunitas praktisi 

Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat dan area kontrol di komunitas praktisi yang sudah ada 

AGENDA

1. Kepemimpinan dalam diri (Aktivitas untuk menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di 

konteks sekolah)

2. Melakukan diskusi komunitas praktisi 

3. Komunitas praktisi sekelilingku (mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi)

4. Peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi

5. Menggerakkan komunitas praktisi 

JADWAL & RANGKUMAN SESI 

NO JUDUL SESI AKTIVITAS METODE DURASI JUMLAH JP

PERLENGKAPAN, MEDIA, 

DAN APLIKASI 

1 PEMBUKAAN 

Pembukaan & Icebreaking Pleno 15’ 

2/3 JP 

● Laptop 

● Proyektor 

● Layar 

● Papan plano 

● Kertas plano 

● Spidol marker 

● Pointer 

● Poster pos tahapan  

● Lakban kertas 

Perkenalan Pengajar Praktik Pleno 5’ 

Penjelasan Tujuan & Pembuatan

Kesepakatan Belajar 

Pleno 10’ 

KEPEMIMPINAN

DALAM DIRI 

Persiapan kegiatan Pleno 10 

1 2/3 JP

Aktivitas: Mencari Benda Pleno 20 

Pembahasan aktivitas Pleno 15 

Sesi pembukaan menjadi kunci keterlibatan peserta di pelatihan. Mulai pelatihan

dengan sapaan hangat dan bersemangat. Ingat bahwa Anda menjadi role-model akan

semangat peserta. Berikan ucapan: 

Selamat pagi, Bapak/Ibu! Apa kabarnya? 

Senang rasanya bisa melihat wajah Bapak/Ibu kembali di Lokakarya Pertama! 

PERKENALAN PENGAJAR PRAKTIK (5’) 

PENJELASAN TUJUAN & PEMBUATAN KESEPAKATAN BELAJAR (10’) 

● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di

konteks sekolah 

● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peran, nilai, serta kompetensi guru penggerak

berdasarkan pemahamannya sendiri 

DISKUSI NILAI, PERAN DAN KOMPETENSI GURU PENGGERAK (10’) 

DISKUSI KOMUNITAS PRAKTISI: BERBAGI TANTANGAN 1 BULAN PERTAMA (45’) 

MENGIDENTIFIKASI KOMUNITAS PRAKTISI YANG SUDAH ADA (25’) 

MENGANALISA PEMETAAN KOMUNITAS PRAKTISI (20’) 

Pastikan pengajar praktik hanya memperjelas dan tidak mengambil waktu terlalu

banyak untuk menjelaskan materi di kelompok. Biarkan peserta yang menjelaskan, jika

ada materi yang salah dan kurang, silakan pemandu membantu untuk membenarkan

materi tersebut. 

REFLEKSI HASIL BELAJAR (15’) 

Pelaksanaan: 

Pimpin refleksi hasil belajar dan membahas hal yang telah dipelajari dan hal yang ingin

ditingkatkan dari diri. 

PENUTUPAN DAN FOTO BERSAMA (5’) 

Comments

Popular posts from this blog

Aksi Nyata 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

PRAKARSA KANVAS BAGJA

Visi Guru Penggerak