Aksi nyata Budaya Positif Kesepakatan Kelas l

SEBUAH

Kesepakatan kelas

MODUL DEMONSTRASI KONTEKSTUAL 1.4

YULIATI MULYANA,S.Pd.

CGP 2


 


 


Langkah yang saya lakukan dalam menyusun kesepakatan kelas secara runut :

1. menentukan visi pembelajaran di kelas dengan harapan visi ini sesuai dengan keinginan dan target pembelajaran mas pandemi

2. musyawarah dengan guru mata pelajaran serumpun dalam menentukan visi pembelajaran

3. Diskusi kelas membicarakan kesepakatan kelas di dalam WhatApps GRUP.



Tindakan yang dilakukan sebagai guru kepada murid:

Memberikan keleluasan dalam berpendapat , apa yang siswa inginka dalam kesepakatan kelas. Bermusyawarah dan menghargai pendapat siswa.

PERCAKAPAN SEBAGAI GURU DENGAN MURID KETIKA MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS :

Bu guru : assalamualaikum SISWA KELAS siswi VII K Tahun Ajaran baru Telah Tiba semoga Tahun Ajaran Kemarin Kalian mendapat Nilai Yang Sesuai DENGAN sasaran Pembelajaran yaaa. Jangan lupa setiap awal pelajaran harus disepakati pembiasaan dalam belajar. Silahkan chat saja ke ibu bagaimana kesepakatan kelasmu sebagai pembiasaan dan budaya positif.

Siswa (Ilmi) : “Baik Bu , menurut ILMI kita belajar di aplikasi what APPS saja dan kami siap menerima pembelajaran di chat Wa saja”

Siswa (Ryan) : “membaca doa sebelum di mulai bu.”

Siswa (ilham) : “ mengerjakan tugas di foto saja BU”

Bu Guru : “Siap yaa semua pendapat bagus, kita baca ya, masih ada lagi?”

(ILMI) : “SIAP Bu”

RESPON MURID SETELAH KESEPAKATAN KELAS DI BUAT

ANTUSIAS , dengan pembelajaran whatapps sangat berkesan. walau media yang digunakan hanya di grup kelas whatapps. tetap diurutkan secara bersama –sama. sebagian siswa tidak membaca chat whatAPPS hsil diskusi kelas, tidak memiliki kuota. 

TANTANGAN ATAU KEBERHASILAN YANG DITEMUI SELAMA PROSES TERSEBUT

TANTANG ; banyak siswa yang rugi belajar walau ada di grup. Siswa yang tidak membaca mungkin tidak memiliki kuota, siswa yang tidak membaca tapi membaca dan tidak merespon, mungkin setuju dengan kesepakatan yang telah di buat.

keberhasilan: 50% murid berhasil mengumpulkan tugas di aplikasi wa


PERENCANAAN TINDAKAN 

Rancangan aksi nyata melakukan perubahan dalam pembelajaran di kelas, mulai dari diri memberikan contoh dan teladan , sampai melakukan survey dan penelitian tindakan kelas.

Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu membuat visi guru penggerak  yang sesuai dengan filosofi Kihajar Dewantara

Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini, SENANG 

Siap menghadapi tantangan untuk siap kepada perubahan. Saya harus lebih mengerti betapa karakter siswa berbeda satu sama lain. siswa layak berprestasi, siapapun siswanya memiliki kesempatan yang sama dalam menggali dan mengolah potensi diri untuk dapat berprestasi.

 Setelah melakukan pembelajaran hari ini target saya berikutnya adalah membuat perubahan pembelajaran system daring maupun luring dengan strategi KAWANI .

Kawani adalah  buKA WhatApps Nulis dan Isi

Apa yang siswa tulis ada 2 hal :

Pendapatnya dan komentarny

Perasaannya

Apa yang siswa ISI ada 2 hal :

Isi survey

Isi quis


Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami dalam menjalankan visi guru penggerak perlu adanya jiwa komunikatif dan kolaboratif. Terutama dengan kepala sekolah, stake holder sekolah, orang tua dan masyarakat sekitar, juga tak lupa guru lain yang berbeda mata pelajaran di  instansi tempat saya bekerja.







Comments

Popular posts from this blog

Aksi Nyata 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

PRAKARSA KANVAS BAGJA

Visi Guru Penggerak