Aksi - 2
PGPAngkatan-2 Kabupaten Bandung- Yuliati Mulyana, S.Pd. -1.2- Aksi Nyata
Yuliati Mulyana, S.Pd.
SMP NEGERI 1 PASEH
CGP 2
Model 5: Koneksi, tantangan, konsep, perubahan (4C)
Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk
digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yang
menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu:
1) Connection: Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru
Penggerak?
Materi yang diperoleh merupakan pembekalan dalam memberiokan pembelajaran yang berkualitas
2) Tantangan: Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik
yang Anda jalankan selama ini?
Ide dan materi dari narasumber sangat sinkron dengan praktik yang dijalankan. Perbedaan yang muncul tidak terlalu banyak, malah cenderung menuju pada topik. Terutama menghamba pada anak. Menunjukkan hal yang harus diberlakukan dalam pemenuhan kebutuhan pembelajaran
Apa yang dicita-citakan sangat berperan dalam apa yang diharapkan dalam visi dan misi sekolah.
Buatlah 4 gambar bersambung yang mengilustrasikan refleksi Anda tentang hari ini dan berilah
penjelasan singkat untuk setiap gambar.
Gambar 1 Pembelajaran yang berani ada dalam kesadaran diri (Merdeka belajar)
Penjelasan: Tugas yang diberikan dari guru yang tidak akan membuat stres siswa. Sehingga mereka merasakan bahwa tugas yang dikumpulkan lebih cepat lebih baik dengan kesadaran bukan karena udah karena sesuaatu yang lain, di paksakan oleh orang lain.
say
Gambar 2 Pembelajaran yang tampak menyenangkan di masa pandemic
Aplikasi whatapps dengan zoom mmeting adalah aplikasi saat ini yang harus diterimanya. Baik keadaan sekolah, pendidik dan keadaan pandemi saat ini.
Gambar 3 Seminar berupa publikasi ilmiah hasil Best practice dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Setelah melakukan refleksi dalam PTK dua siklus. Maka dilakukanlah seminar dalam publikasi ilmiah dalam mengkomunikasikan hasil penelitian Tindakan Kelas. Refleksi guru menjadi hal penting dalam mempersembahkan perbaikan kualitas pembelajaran.
Gambar 4 Aksi nyata membuahkan karya guru dan peluncuran buku baru
Aksi nyata yang dilakukan adalah membuat hasil karya berupa laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Berupa buku berIsBn hasil penelitian dan referensi ilmiah lainnya. Kegiatan pada modul 1.2 mgenginspirasi untuk meluncurkan buku baru.
3) Konsep: Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda maksud dan menurut Anda penting
untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi
Guru Penggerak?
Konsep utama dalan nilai dan peran guru penggerak. Adalah adanya sikap yang berbagai pendekatan dalam pembelajaran. Nilai utama guru adalah mandiri dan siap berkarya dalam menciptakan peluang dan pembelajaran. Masalah yang ada akan selalu menjadi pembelajaran, untuk segera memiliki solusi.
Nilai kolaborasi dan inovatif kratif dan berpihak pada murid manjadi nilai guru yang harus selalu dilaksanakan dalam pernannya guru penggerak.
4) Ubah: Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan
materi pada hari ini?
Materi modul 1.2 yang terkait dengan nilai dan peran pendidik dan penggerak yang harus selalu dimiliki guru penggerak perubahan yaitu;
1. Pengembangan merdeka belajar
2. Tugas siswa lebih mengarah ke pilihan mereka dalam konsep belajar.
3. Reflektif setiap saat setelah pembelajaran.
Comments
Post a Comment